Berita

KOLABORASI ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH DALAM MENGHADIRKAN PASAR MITRA TANI
Minggu, 17 April 2022, 16:50:59 WIB
Kategori: Nasional
26 Kali Di Lihat

Share :    




Kementerian Pertanian Melalui DIRJEN  Prasarana dan Saran Pertanian (PSP) oleh Bapak Ali Jamil  melalui kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara ter khusus di Kota Medan berkolaborasi dalam upaya menghadirkan Pasar Mitra Tani yang diadakan di Lap.Pertiwi Kelurahan Pulo Brayan Kota Kec. Medan Barat Minggu (17/04/2022). Hal ini dilakukan sebagai kelanjutan monitoring yang telah dilakukan sebelumnya dan upaya  intervensi harga kebutuhan bahan pangan pokok yang tersedia dan tersebar di Kota Medan. Kegiatan kali ini beliau didampingi oleh Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sumut dan Kadis Perkebunan Sumut, Asisten Ekonomi Pembangunan Walikota Medan dan Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan.

Pasar Mitra Tani ini diselenggarakan sebagai langkah dan upaya mengendalikan harga pangan ditingkat konsumen sekaligus memberikan pesan kepada masyarakat bahwa ketersediaan Kebutuhan Bahan Pokok cukup aman dan terkendali sampai 3 bulan kedepan. Kegiatan ini juga bertujuan agar tercipta kesinambungan antara petani dan juga pedagang dalam memperoleh keuntungan yang wajar sehingga diharapkan tidak ada margin yang besar terkait harga antara produsen dan distributor oleh petani.

Berdasarkan hasil pantauan dilapangan, ada kejadian yang cukup menarik sehingga hal ini memicu kegembiraan oleh konsumen dimana Bapak Dirjen dalam upaya meninjau stand penjualan kebutuhan pokok melakukan penawaran kembali atas harga yang sudah tertera yang ditetapkan oleh distributor yang ada ditempat. Sebagai ucapan syukur hal ini disambut dengan gembira dan masyrakat mengucapkan terima kasih kepada beliau dan juga Kepala Dinas yang ikut mendampingi beliau. Dari hasil penawaran tersebut dapat kami rangkum sebagai berikut dimana Minyak goreng curah dari Rp 14.400/kg menjadi Rp 14.000/kg, Bawang putih dari Rp 22.000/kg menjadi Rp 20.000/kg, Cabe merah dari Rp 28.000/kg menjadi Rp 27.000/kg, Minyak goreng Sip dari Rp 20.000/ltr menjadi Rp 15.000/ltr, Gula pasir putih 13.000 jd 12.500 Telur ras Rp 37.500/papan menjadi Rp 36.000, Daging ayam ras beku Rp 30.000 menjadi 28.000/ekor (Uk.1,2kg), Daging sapi beku Rp 82.000/kg menjadi Rp 75.000/kg, Beras danau toba Rp 62.000/5kg menjadi 60.000/5kg.

Dalam kata sambutannya Dirjen PSP Bapak Ali Jamil  menyampaikan bahwa beliau ditugaskan untuk memantau Ketersediaan Stok, Keterjangkauan harga yang ada di Sumut. Adanya Pasar Mitra Tani, Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan menjelang hari besar keagamaan. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendekatkan atau menjamin stok ketersediaan bahan pangan pokok dan juga menjamin kepada masyarakat agar tidak panic sehingga menyebabkan belanja yang berlebihan. Kedepan Pemerintah menyiapkan program 300.000 Ha lahan untuk para petani kedelai yang kemudian nanti khusus akan disalurkan kepada pengrajin tahu maupun tempe sehingga terjadi keseimbangan antar untung jual bagi petani dan juga jual bagi para pengrajin tahu dan tempe. Beliau mendukung atas wacana yang disampaikan oleh Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sumut untuk mengadakan kegiatan serupa disetiap kecamatan untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pangan sehingga dapat terealisasikan secara merata kepada masyarakat sumut secara luas. Apresisai dan terima kasih beliau  Kepada Walikota Medan dan Gubernur Sumut karena dapat menjaga fluktuatif harga dan ketersediaan daging yang ada di sumatera utara.